Vihara Dewi Kwan Im

Endang Supriyati, Santri IRo Pekalongan.

Setelah dari Pantai Burung Mandi atau Burong Mandi, sebelum kembali ke Tanjungpandan kami bergeser menyambangi Vihara Dewi Kwan Im di Desa Burung Mandi, Kecamatan Manggar, Belitung Timur tidak jauh dari Pantai Burung Mandi, hanya berjarak sekitar 1.5 km. Warna merah menjadi ciri khas Vihara dengan ornamen Lampion-lampion yang bergelantungan. Berada di ketinggian, setelah memarkir kendaraan kita harus menapak anak tangga untuk sampai ke Vihara maupun pelataran Patung Dewi Kwan Im.

Tempat ibadah bangsa Tionghoa ini berada diatas sebuah bukit dengan view yang sangat indah. Karena berada di ketinggian kita dapat menikmati pemandangan lembah hijau dikejauhan. Juga Gunung Burung Mandi dibelakang Vihara. Konon katanya Vihara ini adalah yang terbesar dan tertua di Belitung serta terbuka untuk umum. Sehingga setiap hari banyak pengunjung yang datang baik yang akan beribadah maupun yang sekedar berwisata. Lokasi Vihara Dewi Kwan Im atau Vihara Buddhayana gampang dijangkau, kalau dari Pantai Burung Mandi sekitar 5-10 menit, kalau dari Tanjungpandan ya…2 jam perjalanan sementara kalau dari Manggar sekitar 30 menitan. Tanpa macet dan krodit, beda jika kita perjalanan di Jawa sering salah prediksi karena banyak krodit dijalan.

Kita akan menapak anak tangga yang cukup banyak karena naik berkelok, kalau lurus keatas orang Jawa akan menyebut dengan singunen, rasanya seperti menaik ratusan anak tangga. Saat naik dapat beberapa puluh anak tangga kita akan berhenti menikmati pemandangan yang sangat indah, sambil mengatur nafas. Setelah sampai dipelataran Patung Dewi Kwan Im, kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah, dapat melihat Gunung Burung Mandi juga Pantai Burung Mandi. Konon katanya jika kita beruntung maka kita akan menyaksikan kawanan monyet turun dari Gunung Burung Mandi untuk mencari makanan, bersyukur kami tidak beruntung sehingga tidak berjumpa dengan monyet-monyet yang ada.

View yang sangat indah sayang untuk dilewatkan, karena berada diketinggian sehingga udaranya sejuk membuat betah siapapun yang berkunjung kesini. Setelah menyampai diatas pelataran Patung Dewi Kwan Im, hampir semua tempat dengan view yang luar biasa indah. Sehingga sayang untuk dilewatkan tanpa mengambil dokumentasi. Semua tempat menjadi spot foto yang keren.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?