Dermaga Kirana yang Unik

Endang Supriyati, santri IRo kota Pekalongan.

Satu lagi tempat wisata yang ada di Belitung dan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib di kunjungi saat berlibur ke Belitung. Namanya adalah Dermaga Kirana atau bagi masyarakat Belitung biasa menyebutnya dengan sebutan Rumah Keong. Lokasi rumah keong Belitung ini berada tepat disebrang SD Laskar Pelangi yang sudah lebih dulu terkenal sebagai destinasi wisata. Selain Rumah Kata Andrea Hirata yang terkait dengan SD Laskar Pelangi. Dermaga Kirana bentuknya unik, kata Dermaga akan selalu terbayang kapal-kapal bersandar.

Warga lebih sering menyebut dengan Rumah Keong, karena bentuk bangunan yang ada seperti cangkang siput atau keong. Ada beberapa Gazebo atau rumah keong yang dibiarkan kosong tanpa sarana apapun, sehingga seakan hanya disediakan untuk berteduh dari panas matahari. Uniknya lagi semua bahan bangunanya terbuat dari Rotan. Terlihat sangat unik, maka tidak heran banyak pengunjung yang ingin berpose dengan latarbelakang bangunan mirip keong ini.

Dari kejauhan tampak seakan cangkang keong yang tengkurap, karena terbuat dari anyaman rotan sehingga warna kuning rotan sangat mencolok, menarik untuk dikunjungi. Bangunan berada dipinggiran danau buatan, dengan airnya yang jernih, karena telaga ini bekas galian tambang timah. menurut informasi warga sekitar begitu. Berswa foto dengan latar belakang rumah Keong saat siang hari dengan langit biru cerah, berpadu air danau yang indah . Keren

Untuk masuk ke Dermaga Kirana tujuh tahun lalu masih sangat murah harga tiket hanya Rp. 5000,-. Danau buatan sebagai tempat wisata cukup luas, ada beberapa perahu wisata yang bisa mengantarkan wisatawan berkeliling Danau.Tapi banyak juga wisatawan yang justru lebih memilih berfoto didermaga atau diatas kapal dengan latar Pemandangan Danau. Sebenarnya Banyak wisatawan yang datang ketempat ini karena penasaran dengan bentuk rumah keong yang unik. Apalagi ada sebua jembatan panjang yang menghubungkan Rumah keong dengan dermaga, sangat menambah kesan cantik dan indah.

Beberapa perahu yang tersedia dicat berwarna-warni disewakan kepada para pengunjung untuk mengeksplor keindahan Sungai Lenggang. Selain perahu kecil yang menggunakan dayung, ada juga perahu yang berukuran agak besar dan beratap yang memberikan kenyamanan pengunjung yang ingin berkeliling danau. Perahu ini digerakkan dengan mesin yang juga disewakan untuk siapa saja yang ingin mengeksplor Sungai Lenggang, Gantung dan sekitarnya.

Juli 2017

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?