SD Muhammadiyah Gantong.

Endang Supriyati, pembelajar dari kota Pekalongan.

Mengenang yang indah-indah traveling tujuh tahun yang lalu, serasa baru kemarin masih lekat diingatan. Propinsi  Bangka Belitung memiliki destinasi wisata yang sangat indah dan menawan . Selain wisata pantai, Belitung juga mempunyai objek wisata yang lain. Yang pernah kami kunjungi adalah Pantai Tanjung Pendam, pantai yang ada di pusat kota Belitung, pantai Tanjung Tinggi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Terobsesi dengan keindahan film Laskar Pelangi akhirnya kami ingin mengunjungi juga replika SD Muhammadiyah Gantong sekolahnya Iqbal dan Lintang dalam film Laskar Pelangi, SD Muhammadiyah Gantong sebenarnya hanya sebuah replika gedung sekolah.Tetapi ketika berwisata ke Belitung wisatawan akan tertarik untuk menyambangi lokasi SD Muhammadiyah Gantong iconik SD Muhammadiyah Laskar Pelangi. Tidak mau kalah sayapun demikian pada saat ada kesempatan berkunjung ke Belitung. 

SD Muhammadiyah Gantong berada di desa Lenggang, kecamatan Gantong, Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Berada  di sebuah lahan dengan halaman pasir putih, sebuah bangunan sekolah berdinding papan terdiri dari dua ruang kelas. Menggambarkan kondisi sekolah yang miskin seperti dalam cerita film Laskar Pelangi. Di halaman depan terdapat Tiang Bendera dengan bendera yang sudah lusuh. Dengan menyaksikan langsung replika SD Muhammadiyah Gantong rasa hati menjadi terenyuh sepertinya sekolah Muhammadiyah itu miskin sekali. Ini menggambarkan suana pendidikan tempo dulu, jaman sekolahnya Iqbal dan Lintang.

Ciri khas sekolah Laskar Pelangi masih terlihat yaitu gedung sekolah dengan tiang kayu, berdinding papan dan beratap seng. Tidak ketinggalan ruang kelas yang terdiri dari meja kursi belajar, meja guru dan papan tulis, juga kapur. Terbayang betapa hebatnya ibu Muslimah guru SD Muhammadiyah Gantong, SD Laskar Pelangi dalam mendidik Lintang dan Iqbal. Sekolah Muhammadiyah Laskar Pelangi menggambarkan perjuangan anak-anak yang tangguh. Yang digambarkan oleh penulisnya Andrea Hirata. Restribusi masuk area SD Muhammadiyah Laskar Pelangi tujuh tahun yang lalu sangat murah hanya lima ribu rupiah saja.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?