DANAU KAOLIN

Endang Supriyati, kota Pekalongan

Danau Kaolin sering kali juga disebut Kulong Biru terletak di Desa Nibung Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah, berjarak sekitar 60 Km dari Bandara Depati Amir dan sekitar 15 Km dari Koba, Ibu Kota Kabupaten Bangka Tengah. Dari rumah kost di Jln. Kacangpedang menuju desa Nibung berjarak 66 km, dapat ditempuh selama 1 jam 15 menit, melalui jalur darat. Danau Kaolin pada saat kami berkunjung belum dilengkapi didukung dengan fasilitas kepariwisataan seperti toilet, tempat makan, ruang parkir, sebenarnya lokasi ini bukan tempat wisata. Karena kami berkunjung dibulan Juli 2017. Tidak terlalu jauh, tetapi juga tidak terlalu dekat, sepanjang perjalanan yang kita saksikan adalah hutan karet, sawit, tanaman lada juga ada beberapa perumahan penduduk. Dapat kita saksikan petani lada yang sedang mengerjakan kebun, atau memanen lada.

Akses jalan cukup sepi, tidak ada kendaraan besar yang melintas serta jarang berpapasan dengan kendaraan lain. Danau Kaolin ini berasal dari bekas penambangan biji timah yang sudah lama ditinggalkan. Kalau boleh dikatakan alam yang rusak karena bekas penambangan memberikan keindahan yang luar biasa. Kelebihan danau ini udaranya tetap segar tanpa terganggu aroma belerang karena memang bukan kawah pegunungan. Sesampai dilokasi kita akan menyaksikan  keindahan air yang berwarna hijau tosca juga warna air kebiruan dan jernih dibatasi bukit-bukit berwarna putih. Menyaksikan keindahan Danau Kaolin (Kulong Biru)  memberikan sensasi yang luar biasa, seumur-umur baru kami saksikan dan tidak ditemukan didaerah lain.

Kejernihan air danau yang berwarna biru, hijau tosca sangat kontras dengan   gundukan tanah berpasir putih, seperti bukit-bukit kecil yang mengelilingi area Danau Kaolin. Warna air ini akan berubah-ubah menyesuaikan dengan suhu udara dan pancaran sinar matahari. Kita dapat mengabadikan setiap momen bahagia bersama orang-orang tercinta di setiap sudut danau (kulong) yang tidak ditemukan di tempat lainnya. Ketika kami berkunjung kala itu semua masih serba sederhana, belum merupakan destinasi wisata, sehingga tanpa restribusi apapun.   Kulong Biru sangat unik dan menarik sehingga saat ini  menjadi destinasi wisata andalan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.  

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?