Wisuda Sekolah Lansia

Endang Supriyati, Pembelajar dari Kota Pekalongan.

Sehat Bahagia Mandiri adalah tag line Wisuda Sekolah Lansia kota Pekalongan. Hari ini Kamis 9 November 2023, wajah-wajah ceria wisudawati lansia kota Pekalongan memenuhi Ball Room Hotel Howard Jhonson (HoJo) di Jl. Gajah Mada kota Pekalongan. Lanjut Usia (Lansia) adalah seseorang yang telah mencapai usia enam puluh(60) tahun keatas. UU No.13 Tahun 1998. Sekoah Lansia (SeLa) merupakan pendidikan informal bagi lansia, terutama untuk lansia yang masih potensial di dalam keluarga dan masyarakat.

Hari ini Pemerintah kota Pekalongan, Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, menggelar acara Wisuda Sekolah Lansia. Ada tiga kelompok Sekolah Lansia yang di Wisuda yaitu Sekolah Lansia ( SeLa) Anggrek dan Sekolah Lansia Qonitatunnisa. Untuk SeLa Anggrek mewisuda Sarjana Sekolah Lansia dan Magister Sekolah Lansia. Sementara SeLa Qonitatunnisa hanya mewisuda Sarjana Sekolah Lansia. Dengan rincian Sarjana S1 Anggrek sejumlah 25 lansia, Sarjana S2 Anggrek sejumlah 28 lansia dan Sarjana S1 Qonitatunnisa sejumlah 42 lansia.

Sebelum Prosesi Wisuda dibacakan Ikrar Sekolah Lansia oleh salah seorang wisudawati. Ikrar Sekolah Lansia, 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2. Setia kepada Panca Sila dan Undang Undang Dasar 45, 3. Mematuhi peraturan dan Tata Tertib sekolah, 4. Disiplin, Jujur dan bertanggungjawab, 5. Siap menjadi Lansia Sehat, Mandiri, Produktif, Aktif dan bahagia selamanya. Kemudian dalam sambutan pengarahan ibu Ketua Tim Penggerak PKK kota Pekalongan, ibu Inggit Soraya , S.Si menyampaikan apresiasi luar biasa kepada lansia kota Pekalongan. Sekolah Lansia merupakan salah satu Program meningkatkan Ketahanan Lansia. Progresnya luar biasa semangat Lansia kota Pekalongan. Lansia kota Pekalongan Sehat, Mandiri, Aktif, pRoduktif dan barmartabaT (SMART)

Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwaekolah Lansia merupakan wadah suatu kegiatan yang dapat mewujudkan Lansia Tangguh. Harapannya lansia Sehat, Mandiri, Sejahtera atau SMS. Melalui pembelajaran yang diberikan dapat menjadikan Pekalongan Kota Ramah Lansia. Perwujudan lansia tangguh adalah ketika seorang Lansia mempunyai karakteristik sehat, mandiri, aktif dan produktif. Ibu-ibu lansia yang di wisuda hari ini hadir bersama pendamping masing-masing. Ada suami drngan setia mendampingi, ada putra putri yang mendampingi ibunya di wisuda, aada juga handai tolan yang membersamai menyaksikan wisuda.

Dalam penyampaian kesan dan pesan dari salah seorang wisudawati, yang diwakili ibu Nur Farida dari SeLa Qonitatunnisa salah satu wisudawati dengan Predikat CumLaude. Menyampaikan bahwa pembelajaran dalam SeLa Qonitatunnisa sangat membahagiakan, fasilitatornyadapat memahami kondisi lansia yang kadang-kadang rewel seperti anak kecil lagi. Terkhusus mas Hanif, terima kasih sering memberikan suport dan penyemangat bagi ibu-ibu lansia. Semoga semua fasilitator mau memaafkan kesalahan para lansia dengan hal -hal yang membuat tidak berkenan. Harapannya SeLa lanjut ke S2. Dapat sharing pengetahuan lansia serta lansia dapat melayani diri sendiri setelah mendapatkan ilmu dari Sekolah Lansia.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?