Droping Air Bersih

Endang Supriyati, Pembelajar dari Kota Pekalongan.

Pagi ini Ahad 5 November 2023, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Lembaga Lingkungan Hidup dan Penamggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kota Pekalongan, LazisMu beserta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan bersinergi memberikan bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan.

Bantuan air bersih diberikan kepada warga RT 12 Pabean, Kelurahan Padukuhan Kraton, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Padukuhan Kraton merupakan kelurahan hasil penggabungan dari Kelurahan Pabean, Kelurahan Dukuh dan Kelurahan Kraton Lor, diwilayah Kecamatan Pekalongan Utara.

Kecamatan Pekalongan Utara ada dipesisir pantai Utara, sehingga sebagian wilayahnya sering mengalami Rob (jika air laut pasang). Selain bencana rob, terdapat satu daerah yaitu Pabean yang hampir setiap tahun tergenang banjir banjir karena kondisi tanahmya rendah dibanding daerah sekitarnya. Pabean dari titik Nol Kota Pekalongan hanya berjarak sekitar tiga (3) km, cupup waktu 11 menit sampai dilokasi.

Tampak antrian galon untuk mendapatkan air bersi yang dibagikan kepada warga, informasi panitia tidak dibatasi jumlah galon yang dibawa. berapapun galon yang dibawa akan diisi air bersih. Menurut warga sekitar kekeringan itu sudah dieasakan sejak empat(4) bulan yang lalu. Sehingga warga harus mencari air bersih ( ngangsu) didesa tetangga. Karena air yang ada rasanya asin dan pahit. Sehingga adanya bantuan air bersih sangat bermanfaat bagi warga sekitar. Air bersi yang didapat untuk keperluan, masak, minum, mencuci juga mandi. Walaupun untuk mandi dan mencuci hanya sekedar untuk bilas yang terakhir, agar badan tidak terasa langket karena mandi air asin.

Jangan berhenti menjadi orang baik. Senantiasa berbagilah kepada yang membutuhkan. Semangat MDMC, LLHPB, Lazis MU, BPBD.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?