Aek Sijorni

Endang Supriyati, Pembelajar dari Kota Pekalongan. 

Mengikut anak bekerja menyelesaikan pekerjaan di Padangsidimpuan kami jalan-jalan ke lokasi wisata Air Terjun Sijorni yang lebih dikenal dengan Aek Sijorni, di desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan. Sementara jarak dari Padangsidimpuan kurang lebih 30 km menurut mbah Google, karena jika kami tanyakan ke driver berapa km jaraknya, tidak menahu hanya kira-kira ditempuh selama 1 jam. Di sini petunjuk arah tujuan tidak dilengkapi dengan kilometer hanya tertulis kota tujuan. Serta dilengkapi arah panah saja, kalau wisata air terjun yang terbayang adalah tempat yang tinggi untuk menuju lokasi. Tetapi ternyata berbeda dengan Aek Sijorni, untuk menuju lokasi Aek Sijorni kita harus melewati jembatan gantung yang melintas diatas sungai Batang Angkola, Sayur Matinggi. Dijembatan ini semakin banyak pengunjung yang lewat, maka jembatan semakin bergoyang. Semua kendaraan pengunjung diparkir ditepi jalan raya, karena untuk mencapai lokasi tidak mungkin berkendara, cukup berjalan kaki. 

Ketinggian air terjun hanya sekitar 10 m tetapi berundak-undak terlihat sangat cantik, menurut penduduk setempat itu asli bukan buatan. Fasilitas yang ada di lokasi Air Terjun ada kolam renang, untuk dewasa maupun anak-anak juga pengunjung dapat langsung berendam diair terjunnya.  Pondok-pondok  yang ada  bersih juga tersedia ruang bilas yang airnya selalu mengalir, mushola kecil yang bersih. Juga tempat-tempat sampah tersedia di berbagai titik lokasi. 

Dengan harga tiket Rp.20.000 untuk orang dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun, pengunjung akan puas berwisata di Aek Sijorni. Cukup murah dibanding hasil suguhan pemandangan indah menyejukkan mata, mendinginkan jiwa. Karena didalam lokasi wisata sudah tidak ada kutipan/ tiket lain yang harus dibayar lagi. Mau ke toilet, mau mandi bilas sudah tidak ada kutipan lagi, sudah tidak  membayar lagi.  lokasi Aek Sijorni ada di pinggir jalan lintas Bukittinggi-Padang Sidempuan, sehingga pengunjung untuk menuju lokasi wisata dapat menggunakan mobil sendiri ataupun menaik angkutan umum, turun berkendara menyeberang jembatan gantung kita akan sampai kelokasi wisata yang dituju. Jika menggunakan mobil pribadi, berhenti di pinggir jalan, mobil diparkir di pinggir jalan, dengan tarif parkir Rp.20.000,- kemudian menyeberang jembatan kena kutipan Rp3.000 per orang, yang dikelola pemuda setempat.

 Menurut bahasa Batak Aek Sijorni adalah aek artinya air, Sijorni artinya yang bersih. Dari penuturan warga sekitar, air disini tidak pernah keruh, baik pada saat musim penghujan maupun musim kemarau. Serta aliran air selalu deras disetiap undakan, biasanya banyak pengunjung yang berendam di situ menadahkan guyuran air, karena memang posisi air terjunnya berundak-undak. Sehingga pengunjung dapat duduk-duduk di undakan dengan punggung yang yang tersiram air terjun. Kolam renang yang dipakai pun setiap saat dibersihkan oleh petugas apabila terlihat  ada sesuatu yang mengapung dalam kolam. 

Aek Libung,Tapanuli Selatan, 3 Februari 2022. Pukul 11.00

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?