Geopark Kaldera Toba

Endang Supriyati, kota Pekalongan

Samosir,23 Januari 2022. Gedung Informasi Geopark Kaldera Toba. Gedung informasi Geopark Kaldera Toba berlokasi di Sipituday Sigulatti, Sarimarrihit, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara pada ketinggian 1.246 mdpl merupakan museum ilmu pengetahuan. Menuju lokasi Geopark Kaldera Toba pada ketinggian 1.246 mdpl, melewati jalan berkelok menaik dengan ketinggian yang lumayan ekstrem, sangat diperlukan driver yang handal. Karena Gedung Informasi ini berada dilereng Gunung Pusuk Buhit. Dengan suguhan pemandangan keindahan alam ciptaan Allah SWT yang sangat luar biasa. Jika berwisata ke Danau Toba, tidak ada salahnya mampir di Gedung Informasi Geopark Kaldera Toba, untuk mengetahui bagaimana terbentuknya Danau Toba.

Jam operasional untuk hari Senin sampai Jumat ada dua shift yaitu pukul 09.00 sampai 11 dan pukul 13.00 sampai 15.00, sementara untuk Sabtu, Ahad dan hari libur ada 3 shift pukul 09.00 sampai 11.00, 13.00 sampai 15.00 dan pukul 16.00 sampai 18.00. Jumlah pengunjung per hari hanya 60 orang karena per shift hanya 30 orang kecuali hari Sabtu, Ahad dan hari libur, sampai 90 orang. Harga tiket untuk mobil per unit Rp10.000 pengunjung Rp20.000 per orang, untuk hari Sabtu, Ahad dan hari libur. Untuk hari Senin sampai Jumat Rp15.000 per pengunjung.

Masuk Gedung Informasi Geopark Kaldera Toba maka kita akan disambut petugas yang sangat ramah. Kemudian pengunjung dibawa ke ruang teater untuk menyaksikan film dokumenter terjadinya Danau Toba dan Pulau Samosir. Sekaligus diperingatkan tidak boleh mengambil foto ataupun merekam atau memvideokan. Melihat gambar dentuman dan mendengarkan gelegar letusan gunung ada rasa ngeri. Membayangkan kejadian saat itu. Selanjutnya pengunjung dibawa ke sebuah ruangan yang berisi diorama tentang terbentuknya Danau Toba juga tentang keanekaragaman budaya dan kekayaan alam yang dimiliki.

Dijelaskan bahwa kaldera adalah kawah raksasa yang terjadi karena erupsi gunung berapi 74.000 tahun yang lalu. Yang terbesar disebut dengan erupsi Supervolcano yang memuntahkan material gunung berapi lebih dari 1000 km³. Kemudian kaldera ini terisi air hujan ribuan tahun lamanya, akhirnya menjadi Danau vulkanik terbesar di dunia, yang sekarang dikenal dengan nama Danau Toba.

Dalam legenda cerita dongeng saat di SD asal mula terjadinya Danau Toba adalah seorang pemuda bernama Toba yang mendapatkan ikan bersisik emas. Karena terpukau dan kagum maka ikan itu dibawa pulang dan dipelihara di rumahnya. Ternyata ikan bersisik emas itu jelmaan seorang putri kemudian dinikahi oleh pemuda dan mempunyai anak bernama Samosir. Toba harus merahasiakan kepada siapapun asal-usul istrinya. Suatu saat Samosir diminta ibunya mengantarkan makanan kepada Toba yang sedang bekerja, karena Samosir merasa lapar maka dimakanlah sampai habis. Kemudian pada saat bertemu ayahnya dia katakan kalau makanan sudah habis dimakan. Saking marahnya Toba kemudian menghardik dengan mengatakan “Dasar anak ikan, tak tahu di untung” karena sangat sedih Samosir pulang mengadu kepada ibunya. Karena Toba melanggar janji maka semua dalam sekejap. Kemudian di tempat itu menyemburlah air yang sangat deras, akhirnya memenuhi lembah yang dihuni Toba. Dan akhirnya jadilah sebuah danau yang sangat besar yang dikenal dengan Danau Toba.

Museum Geopark Kaldera Toba dalam diorama juga digambarkan tentang rumah adat Batak Toba, berupa rumah panggung dengan penyangga kayu yang sangat kuat.Juga tentang adat istiadat dan suku-suku yang ada, kemudian tentang flora fauna, digambarkan bahwa ada kerbau, kambing putih juga ikan salmon. Kemudian tumbuhan yang ada pohon mangga, kemiri, bawang merah, jari-jari, andaliman. Bunga anggreknya cantik-cantik, berbagai spicies. Menurut keponakan yang tinggal di Simpang Kawat Asahan mengatakan, bahwa pohon andaliman hanya ada di Sumatera Utara, merupakan rempah spesialyang digunakan untuk hampir semua masakan khas Batak, lebih sering disebut dengan merica Batak. Menurut lidah saya rasanya asem, tetapi asemnya beda dengan asam jawa maupun belimbing wuluh, andaliman tumbuh liar diwilayah Toba Samosir dan Tapanuli Utara dan sering juga disebut “tuba atau itir-itir”

.

Kopi Pusuk Buhit Geo Coffe AKAMSI adalah kafe sederhana dikawasan Geopark Kaldera Toba. Sehingga setelah kita mengelilingi Gedung Informasi, ada tempat untuk beristirahat sambil minum kopi ditengah kebun. Sejauh mata memandang, hamparan hijau dilembah maupun perbukitan yang terlihat. Pengelola kafe adalah warga setempat, nama AKAMSI ternyata kepanjangan dari Anak KAMpung SIni, menurut penuturan bartender. Menu utama yang disjikan adalah Kopi, hasil perkebunan kopi Pusuk Buhit.

Mengenang awal pertama menginjakkan kaki di Sumatera Utara pada Januari 2022, tahun lanjut eksplor ke Danau Toba. Serasa baru sekejap ternyata sudah tahun lalu, eksotiknya pemandangan dari lereng Pusuk Buhit takkan terlupa.

Sumber, eksplor Geopark Kaldera Toba.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?