Enam Profesor Baru di ITS

Endang Supriyati, kota Pekalongan

Rabu, 20 September 2023 ITS kembali menambah jumlah Profesor yang dimilikinya. Disiarkan langsung melalui chanel youtube ITS. Proses pengukuhan diawali dengan sidang Profesi yang dikawal oleh Dewan Profesor. Ketua Dewan Profesor ITS adalah Prof. Dr. Eng. Imam Robandi, M.T, bertempat di Auditorium Gesung Pusat Riset ITS.

Sabdatama Rektor ITS Prof. Mochamad Ashari, menyapa semua tamu istimewa yang hadir di ITS dalam acara Pengukuhan Profesor baru. Juga menyampaikan ucapan selamat kepada keluarga Profesor baru yang akan dikukuhkan. Beliau pak Rektor menyampaikan Profesor baru yang dikukuhkan berjumlah enam orang, tiga laki-laki dan tiga perempuan, gender di ITS 50%. Pada tahun 2019 Profesor di ITS berjumlah 94 Profesor, dalam kurun waktu empat tahun per 20 September 2023 bertambah 50 Profesor. Prof. Mochamad Ashari menyampaikan bahwa jumlah Profesor sangat mempengaruhi kualitas dan peringkat suatu Perguruan Tinggi.

Profesor baru yang dikukuhkan dari berbagai disiplin ilmu. Ketua Senat Akademik menerima SK Menteri Pendidikan secara simbolis, dari Bapak Rektor. Kemudian menyerahkan keenam Profesor kepada ketua Dewan Profesor ITS, Prof. Imam Robandi. Selanjutnya, ketua Dewan Profesor ITS membuka Sidang terbuka Pengukuhan. Setelah sekretaris Dewan Profesor menyampaikan SK Menteri Pendidikan, masing-masing Profesor. Dilanjutkan penyampaian Orasi Ilmiah dari masing-masing Profesor sebelum dikukuhkan.

Prof. Wahyu Wibowo, S.Si, M.Si, dari Departemen Statistika Bisnis Fakultas menyampaikan orasi ilmiah berjudul, Semiparametrik Spline Strategi Peningkatan Akurasi Pemodelan Regresi dalam kerangka Evidence Based Dicision Making ( EBDM). Kemudian Prof. Dr. Ir. Katherine Indriawati, S. T, M.T dari Departemen Teknik Elektro, berorasi dalam Pengukuhannhya dengan judul Sistem Kontrol Modern, Peningkatan Availibility pada sistem Kontrol Modern. Selanjutnya Profesor ketiga yang berorasi Prof. Dr. Trihastuti Agustinah, S.T, MT dari Departemen Teknik Elektro, Fakutas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas. Ilmu Sistem Kontrol Robotic Tantangan dan Peluang.

Selanjutnya Prof. Dr. Dewi Hidayati, S. Si, M. Si, Kepala Departemen Biologi ITS, menyampaikan orasi ilmiah Peran Penting Biologi Ikan, da;am pemahaman Sumber Daya Ikan Berkelanjutan, beliau sempat membisikkan bagwa perairan kita yang 70 % dari wilayah Indonesia tidak sedang baik-baik saja. Yang berikutnya Prof. Dr. Tri Arief Sardjono, S.T, M.T dari Departemen Teknik Biomedik, Fakultas Teknik Elektro dan Informatika Cerdas, menyampaikan orasi ilmiahnya berjudul Peran Penting Analisis dan Pemrosesan Citra Biomedis dalam Bidang Kedokteran, Imaging itu perlu. Profesor terakhir yang menyampaikan orasinya adalah Prof. Dr. Drs. Purhadi , M.Sc dari Departemen Statistika, Fakultas Sains dan Analitika Data berjudul, Matematika Statistika Pada Model Regresi Spasial Respon Diskrit dan kontinu.

Selesei sudah orasi dari keenam Profesor baru, maka rangkaian prosesi Pengukuhan selesei setelah Ketua Dewan Profesor mengalungkan Padaka kepada semua Profesor baru. Selanjutnya Ketua Dewan Profesor ITS, Prof. Dr. Imam Robandi, MT menyampaikan ucapan selamat serta rasa bangga kepada para Profesor ITS, juga kepada seluruh keluarga besar yang mendampingi. Beliau juga menyampaikan banyaknya agenda kegiatan di ITS, baik yang bersifat Ilmiah maupun yang rilek santai, misalnya Komunitas Berjalan Nordic Sepuluh Nopember (KOBARSENO) yang berlatih setiap hari Sabtu dan Ahad pagi.

Diambil dari : Chanel Youtube ITS.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?