KOBARSENO is The Best.

Endang Supriyati

Kota Pekalongan, 13 September 2023

“ITS Bergerak” merupakan jargon dalam acara pembukaan Dies Natalis ITS yang ke 63. Sedangkan “Semangat, Sehat, Bahagia” adalah slogan KOBARSENO, sebuah komunitas olah raga jalan Nordic yang diinisiasi oleh Prof. Imam Robandi. Hari Selasa,12 September 2023, ITS merayakan Pembukaan Dies Natalis ke-63 dengan penuh semangat dan kebahagiaan. Acara yang dihadiri oleh KASAL (KepalaStaf Angkatan Laut) ini berlangsung di Stadion ITS yang dipenuhi oleh ribuan civitas akademika, termasuk mahasiswa, dosen, dan alumni, yang mereka datang bersama-sama untuk memeriahkan.

Pembukaan Dies Natalis ini juga menandai permulaian rangkaian acara utama perayaan Dies Natalis ke-63 ITS setelah serangkaian kegiatan pra acara yang dimulai sejak bulan Juni-Agustus. Pembukaan Dies Natalis ke-63 ITS diawali dengan pengibaran bendera Dies dan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne ITS oleh paduan suara mahasiswa ITS dan diikuti oleh para peserta dan tamu undangan.

Kemudian, persiapan parade defile dari kontingen civitas akademika ITS dan kontingen produk teknologi yang menampilkan hasil riset dan inovasi. Kontingen yang terlibat dalam parade defile berjumlah 16 kontingen terdiri dari 5 kontingen unit kerja atau direktorat, 9 kontingen fakultas dan sekolah inter disiplin, serta 1 kontingen produk inovasi. Salah satu yang menjadi sorotan dalam parade tersebut adalah kehadiran kontingen KOBARSENO (Komunitas Berjalan Nordic Sepuluh Nopember) yang digagas oleh Dewan Profesor ITS.

KOBARSENO, didirikan pada 15 Juni 2023, adalah suatu komunitas yang berfokus pada olah raga berjalan Nordic atau Nordic Walking. Olah raga berjalan kaki dengan bantuan dua tongkat khusus yang mirip dengan tongkat ski di negara-negara Skandinavia, dan olah raga jenis ini mampu menggerakkan 85% otot jika dibandingkan dengan berjalan biasa. Hal ini ditunjang dengan gerak aktif yang dilakukan lengan, sehingga mampu memperkuat tubuh bagian atas dan secara berkala melatih kekuatan jantung.

Kontingen KOBARSENO terdiri antra lain adalah Prof. Djatmiko Ichsani (Ketua KOBARSENO), Prof. Imam Robandi (Ketua Dewan Profesor ITS), Prof. Adi Soeprijanto (Wakil RektorBidang I ITS), Prof. Mardlijah (Wakil Dekan FSAD), Prof. Supeno Djanali (Ex-DirekturPembinaan Akademik dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti), dan yang lain. Pembukaan Dies Natalis menjadi momen istimewa bagi KOBARSENO untuk memperkenalkan olah raga berjalan Nordic kepada masyarakat ITS dan masyarakat Surabaya secara umum. Keberadaan KOBARSENO dalam Pembukaan Dies Natalis ke-63 ITS juga menandakan sebuah kebersamaan untuk menjadi ajang silaturahmi.

Hal ini selain karena manfaat kesehatan, berjalan Nordic juga dilihat sebagai cara yang efektif untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Dengan tekanan akademik yang kadang-kadang tinggi di wilayah perguruan tinggi, kegiatan Berjalan Nordic merupakan kegiatan yang dibutuhkan. Ayo rajin berolah raga, berolah raga apa saja, kata Prof Imam.  Para profesor jangan sampai karena kehidupannya yang sangat sibuk, tetapi lupa berolah raga dan lupa bahagia, kata Prof. Imam sambil guyon.

KOBARSENO luar biasa telah memberikan warna dan semangat baru dalam perayaan tahunan ini. Semoga momentum ini terus menginspirasi semua civitas akademika untuk hidup sehat, aktif, dan bergembira. Selamat ulangtahun yang ke-63, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Semakin Jaya Mendunia.

Kontributor: Raiyan Adi Anggara, Hana Yosinta Maria.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?