Fenomena Udik-udikan

Endang Supriyati, kota Pekalongan

12 Juli 2023

Sebenarnya apa makna udik-udikan saya tidak menahu. Udik-udikan “nyebar duit”. Kegiatan ini marak di Pekalongan, jika ada keluarga yang baru melahirkan kemudian melakukan potong rambut bayi. Beberapa waktu lalu ada udik-udikan yang berujung keributan dan kecelakaan didaerah Jenggot Pekalongan Selatan. Maksud hati yang empunya gawe “nguri-uri” tradisi turun temurun bagi masyarakat Pekalongan baik warga kota maupun kabupaten.

Udik-udikan dilaksanakan sebagai tasyakuran kelahiran bayi, bersamaan dengan potong rambut. Kejadian beberapa hari lalu berita yang tersebar ada seorang juragan batik akan melaksanakan tradisi udik-udikan dengan nominal 35 juta rupiah, kabar burungnya. Hal ini menyebabkan berkerumunnya warga disekitar rumah sang juragan berharap mendapat rejeki dari uang yang disebar. Warga “tumplek bleg”, tua, muda, dewasa, anak-anak baik lelaki maupun perempuan.

Ajang berebut uang yang disebar sang juragan dari atap rumah berakhir tidak menggembirakan, karena ada beberapa anak pingsan, ada juga ibu-ibu tangannya retak disebabkan terdorong kemudian jatuh. Kerugian materiil diderita Kelurahan Jenggot, pagar kelurahan rubuh akibat terdorong warga yang berdesak-desakan. Tradisi berbagi sangat baik dan dianjurkan, berbagi rejeki kepada sesama. Tetapi tidak dengan cara disebar, akan lebih baik lagi jika mengundang warga kemudian dibagikan satu persatu.

Jika hal tersebut dilakukan tetap akan menjadi berita viral dan “misuwur” apalagi, jumlah uang yang dibagikan cuma-cuma nominalnya cukup besar. Lebih berkeadilan, tidak melukai warga ataupun membahayakan warga karena tidak perlu berdesak-desakan. Tidak akan terjadi perebutan antara orangtua dan anak-anak ataupun orang dewasa lainnya, baik lelaki maupun perempuan. Semoga hal tersebut menjadi pelajaran berharga bagi warga yang ingin “nguri-uri’ tradisi udik-udikan. Foto disadur dari berita, TimTV One

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?